Selasa, 27 November 2012

Download E-book dan Materi Kuliah Fisika Nuklir (Update!)


Fisika nuklir atau fisika inti merupakan salah satu cabang dalam ilmu fisika yang mempelajari tentang inti atom, baik struktur, karakteristik, maupun reaksi-reaksi inti dengan energi yang menyertainya. alam fisika nuklir, sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.
                Dalam fisika inti, dikenal dua jenis reaksi yang secara sederhana mudah dipahami dengan melihat hasil akhir dari reaksi tersebut, yaitu reaksi fisi nuklir dan reaksi fusi nuklir. Kedua reaksi tersebut dapat kita pahami sekilas jika kita melihat dari penamaannya. Reaksi fisi adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Reaksi fisi juga menghasilkan radiasi sinar alfa, beta dan gamma yang sagat berbahaya bagi manusia. Reaksi fusi adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih.
                Untuk mengetahui lebih dalam mengenai fisika inti, juga teman-teman yang sedang kuliah ataupun bekerja di bidang ini, silahkan download materi-materi dan e-book di bawah ini dengan mengklik tulisannya. It’s all FREE!
Materi kuliah (format .ppt)
1.       Inti atom.ppt
2.       Fisika inti.ppt
3.       Interaksi radiasi.ppt
5.       Reaksi inti.ppt
6.       Radioaktivitas.ppt
7.       Pencacahan radiasi.ppt
8.       Peluruhan alfa.ppt
9.       Detektor radiasi.ppt
E-book (format .pdf). 

4 komentar: