Selasa, 27 November 2012

Download E-book Biofisika dan Fisika Medis Gratis!

Biofisika ataupun fisika medis merupakan salah satu cabang turunan dari ilmu fisika yang mempelajari karakterisitik makhluk hidup, tingkah laku, maupun interaksi hayati dengan sudut pandang prinsip-prinsip dasar dari fisika itu sendiri. Sederhananya, biofisika adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan biologi dengan menggunakan ilmu fisika. Ada beberapa pengertian biofisika yang saya kutip dari sebuah blog:
Di dalam Anonim (2007) dikemukakan bahwa biofisika adalah studi tentang fenomena biologis dengan menggunakan metode-metode dan konsep-konsep fisika, sedangkan di dalam Anonim (2005) dikemukakan bahwa biofisika adalah studi interdisipliner tentang fenomena dan problem-problem biologis dengan menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik fisika. Biofisika bergantung pada teknik-teknik yang berasal dari ilmu fisika tetapi difokuskan pada problem-problem biologis.
Mengacu pada definisi yang telah dikemukakan mengenai biofisika, maka dalam konteks seorang pekerja yang melakukan aktivitas di alam terbuka, maka biofisika dapat dipandang sebagai studi tentang fenomena biologis pada seorang pekerja yang berinteraksi dengan lingkungan fisik setempat ketika sedang melakukan aktivitas kerja dengan menggunakan prinsip, konsep, dan metode fisika. Dalam hal ini Campbell (1977) menyebut kajian fisika dalam konteks ini sebagai biofisika lingkungan. Menurut Campbell (1977) perkembangan dalam bidang biofisika lingkungan terutama terfokus pada dua bidang yaitu:
Penggunaan model-model matematis untuk mengkuantifikasi laju transfer panas dan massa, dan
Pengunaan persamaan kontinuitas yang telah mengantar pada analisis neraca energi.
Oleh karena itu dapat dikemukakan bahwa dalam biofisika lingkungan dipelajari mengenai bagaimana penerapan konsep-konsep fisika pada interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungan fisiknya, sehingga dalam konteks ini dipelajari mengenai aplikasi konsep-konsep fisika pada interaksi antara pekerja dan lingkungan fisiknya ketika melakukan aktivitas di alam terbuka. (http://rollespalilingan.blogspot.com/search/label/Biofisika)
Bagi teman-teman yang tertarik untuk mempelajari biofisika atau fisika medis lebih mendalam, atau teman-teman memang sedang mencari referensi tentang biofisika untuk kuliah, saya sudah menyediakan beberapa e-book yang berkaitan dengan biofisika dasar, maupun penerapannya bagi dunia kedokteran. Silahkan teman-teman download dengan mengklik judul buku yang diinginkan. Semuanya GRATIS!!!








yang ini download juga ya..
  1. Enviromental UV Radiation
  2. Lectures in Theoretical Biophysics
Masih ada beberapa e-book lagi yang akan saya update di kesempatan berikutnya. Jadi, tetep update ya!

1 komentar: